Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PARMENIDES

image

 

Parmenides

 

Ia lahir di kota Elea, dialah yang pertama kali memikirkan tentang hakikat tentang ada (being)

 

menurut pendapatnya, yang ada (being) itu ada, yang ada tidak dapat hilang menjadi tidak ada, dan yang tidak ada tidak mungkin muncul menjadi ada, yang tidak ada adalah tidak ada, sehingga tidak dapat dipikirkan.

 

Bagaimana memikirkan pemikiran Parmenides pada waktu itu, secara realitas tentunya. misal Handphone, kita hanya berpikir itu Handphone tidak berpikir mengenai proses pembuatannya. walaupun didalamnya terdapat substansi lain, semisal Handphone  terbuat dari Plastik dan campuran bahan lain, tapi pemikiran Parmenides terpusat hanya yang ada (being), Handphone ya handphone. contoh lain Kursi, kursi itu ada (being) tidak usah memikirkan bagaimana itu kursi terbentuk. contoh satu yang dapat dikatakan abstrak tapi realitas, seperti kejujuran, bagaimana kita jujur bahwa kita mengatakan itu ada, tapi memang jujur itu ada.

misal dalam sebuah dialog :

A : Rokok itu ada. (dia jujur kalau Rokok itu ada)

B : dimana dia (dia menanyakan eksistensinya)

A : Ini dia (secara jujur dia mengatakan bahwa Rokok ada)

 

Klausa yang kedua yang tidak ada tidak mungkin muncul menjadi ada, yang tidak ada adalah tidak ada, sehingga tidak dapat dipikirkan. contohnya hal gaib, hal yang tidak ada, bagaimana eksistensi Tuhan, hal ini dapat dikatakan oleh Parmenides sebagai sesuatu yang tidak ada tidak mungkin muncul menjadi ada, dan yang tidak ada secara realitas itu tidak ada, sehingga tidak usah dipikirkan. 

 

Realitas adalah bukan gerak atau perubahan tapi yang ada itu ada, yang ada tidak dapat hilang menjadi tidak ada.

Ini merupakan pandangan para kaum Materialis, dimana mereka mengutamakan realita materi yang ditangkap oleh panca indera. Bagaimana dengan Ide, kaum Materialis tidak memandang Ide, karena Ide tidak merupakan suatu Kebenaran.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+5+6



RSS Feed

Copyright © 2017 budi dkk (085225529893) · All Rights Reserved